My Dream Journey to Melbourne

Andai kamu bisa travel ke negara manapun di dunia, negara apa yang akan kamu pilih? Hayoo, mau menjelajah ke mana? Bayangkan kamu tak perlu memikirkan budget, jumlah hari cuti, dan kamu bahkan bisa naik best airline tanpa repot mencari tiket murah di travel fair. Where is your dream destination? Beberapa orang menjawab Jepang. Adapula yang ingin pergi ke Italia, Paris, Iceland, atau mungkin USA. Aku sendiri sulit sekali memilih. Destinasi travel impianku antara lain Selandia Baru, Meksiko, dan India. Namun saat ini, aku sedang ingin sekali wisata ke Australia, tepatnya ke Melbourne!

WHAT?? Melbourne apa spesialnya? Bukannya cuma kota modern biasa? Sama lagi sama London, lo khan dulu tinggal di London?’ Sebagian temanku mencemooh. Tapi menurutku, Melbourne merupakan kota super unik dengan vibrant culture dan daya tarik tersendiri dibanding kota Australia lainnya. Arsitektur klasik berpadu street-art dilengkapi suasana rindang kehijauan begitu menenangkan hati. Bukan sekedar kota metropolitan, Melbourne juga memiliki great nature spots dan wildlife khas Australia (mau ‘khan foto sama koala?). Kekayaan seni dan budaya, shopping yang beragam, serta delicious dishes menggodaku untuk ke sana! I really want to enjoy my summer in Australia. Kita travel bareng, yuk? Andai bisa liburan musim panas ke Melbourne, berikut hal seru dan objek wisata yang akan kita kunjungi:

DAY 1: CITY CENTRE HOPPING
06:00 Fly High with Hot Air Balloon in Yarra Valley
Beautiful Morning from Top (Source: VisitVictoria.com)
The first place that we’ll visit is… Yarra Valley! Di kala hari masih gelap, kita sudah bersiap untuk terbang menaiki balon udara! Kita menaiki balon udara tepat saat matahari mulai menampilkan semburat cahaya emasnya, sambil menghirup nikmatnya embun pagi di tengah hamparan wineyard Yarra Valley. Ketika melihat ke bawah, mata kita dimanjakan panorama hutan, sungai Yarra, bahkan pemandangan seluruh kota Melbourne! Betapa karunia Tuhan yang indah membuat diri kita merasa begitu kecil dan dikaruniai sebagai ciptaan-Nya. Pasti happy banget, apalagi kalau tiba-tiba dilamar di atas balon udara (ngareeep). Setelah naik balon udara, kita akan menikmati sarapan ala western lengkap dengan segelas wine di tengah Yarra Valley winery.. Aaah, nikmatnya..

09:00 Hosier Lane Street Art
Kardashian Mural di Hosier Lane (Source: Pedestrian.tv)
Puas menikmati panorama Yarra Valley, kita langsung hunting foto di city center. Melbourne terkenal dengan budaya street art dan graffiti keren, salah satunya di Hosier Lane. Di sana, kita bisa berfoto dengan bermacam lukisan keren yang dibuat oleh artist indie. It’s a must go place banget buat yang mau punya foto Instagram hits!

10:00 Captain’s Cook Cottage & Fitzroy Garden
Pretty English Garden in Captain's Cook (Source: Meros.org)
Captain Cook’s Cottage adalah bangunan tertua di Australia yang dibangun  tahun 1755 dan dihuni oleh Captain James sang penemu benua Australia. Hebatnya lagi, tadinya bangunan ini terletak di Yorkshire, Inggris; namun dirobohkan dan materialnya disusun kembali di Melbourne! Keren ya? Kita juga bisa berfoto bersama petugas yang mengenakan kostum abad 18. Selesai berpetualang di rumah klasik Captain Cook, kita akan jalan-jalan sejenak ke sekeliling Fitzroy Garden, taman khas Inggris yang klasik.

12:00 It’s Lunch Time Now!
Setelah capek jalan-jalan dan foto-foto, saatnya kita mencoba makanan khas Melbourne. Kalau meat pie atau lamington cake sudah dijual di Indonesia, bagaimana kalau kita mencoba makanan yang unik?
Cooke's Famous Prawn Cocktail (Source: thenewdaily.com.au)
Sebagai pencinta seafood, makanan khas yang akan kucoba ialah Prawn Cocktail! Prawn Cocktail biasanya menjadi appetizer dari hidangan utama, terdiri dari selada dan udang segar yang dibumbui dengan mayones dan saus tomat. Penduduk Melbourne sangat menyukai Prawn Cocktail bahkan menjadi hidangan kebanggaan sejak 1970. Nanti kita coba prawn cocktail di restoran Atlantic ya, dibuat langsung oleh Chef Donovan Cooke! Serasa makan fine dining in Aussie style ‘nih!
Mirip Lumpia ya? (Source: Chiko.com.au)
Belum kenyang dengan Prawn Cocktail, kita selanjutnya melahap Chik’o Roll. Chiko roll tidak terbuat dari ayam, melainkan terbuat dari daging sapi, kol, wortel, dan aneka sayuran lain dilapisi roti dan digoreng kering. Mmm yummy! Bentuknya mirip dengan hot dog sehingga kita bisa makan sambil jalan-jalan deh.

14:00 Queen Victoria Market
Queen Victoria Market (Source: Planetden.com)
Kita bergegas menuju Queen Victoria Market untuk langsung belanja! Di tempat yang biasa disebut ‘Queen Vic’ atau ‘Vic Market’ ini, kita dapat belanja aneka souvenir hingga makanan segar. Belanja di sini juga bisa ditawar. Beruntungnya lagi dari November hingga Maret 2016, Queen Vic memiliki Summer Night Market hingga pukul 8 malam!

18:00 Dinner Time
Grilled Kangaroo Steak (Source:gourmetgame.com)
Sehabis lelah berkeliling dan belanja seharian, kita akan mencicipi kuliner yang ekstrim namun khas Australia yakni steak kangguru! Di belahan dunia mana lagi ada steak kangguru? Walaupun takut dan kasihan memakannya, tetapi juga penasaran karena steak kangguru terkenal dengan dagingnya yang empuk dan rendah lemak. Dagingnya di-grill  hingga tingkat kematangan medium, serta dibumbui dengan bawang, merica, rosemary dan rasa buah yang agak masam. Salah satu restoran terkenal yang menyajikan kangguru di Melbourne ialah Royal Mail on Spencer Street.

20.30 Eureka Skydeck
Amazing View from 88th Fl. (Source: EurekaSkydeck.com.au)
Hari menjelang malam, tapi ada satu tempat yang akan kita kunjungi sebelum tidur yaitu Eureka Skydeck! Eureka merupakan gedung observasi yang terletak di lantai 88 dan berlapis emas. Kita dapat menaiki 88 lantai tersebut dengan lift secepat 40 detik saja! Lantainya yang terbuat dari kubah kaca membuat kita melihat kecantikan kota Melbourne yang sempurna di malam hari. Sure we’ll have a good dream after this!

DAY 2: BACK TO NATURE
10.00 Werribee Open Range Zoo
Cute Rhinos (Source: Epooch Travel)
Capek jalan-jalan di kota seharian kemarin, kita memulai hari dengan jalan-jalan santai di kebun binatang Werribee yang dibuka sejak 1983. Tak perlu jauh-jauh ke Afrika, di African theme Zoo ini kita dapat merasakan petualangan bersafari langsung untuk melihat badak putih dan singa lho. Kita pun juga bisa memeluk koala dan hewan khas Australia lainnya seperti lemur!

14:00 12 Apostles at Great Ocean Park di Port Campbell National Park
Amazing Reef (Source: Planetden.com)
Sekitar dua jam berkendara, kita akan mencapai Port Campbell National Park. 12 Apostles merupakan batu karang yang terletak di sepanjang pesisir Laut Selatan.  Erosi dan kondisi angin ekstrem mengeruk jurang sisi pantai menjadi batuan. Walaupun dinamakan 12 Apostles, jumlahnya hanya delapan lho!

20.00  Penguin Parade at Phillip Island
Baby Penguin Parade (Source: Australia Travel Directory)
Apabila kita masih memiliki waktu, tepat saat sunset kita akan mengunjungi Phillip Island. Saat matahari terbenam, akan ada parade ratusan penguin yang berjalan menuju arah pantai. Kita juga dapat melihat anjing laut berbulu  di sini. Lucunya!

Extra Notes
White Night Festival Crowd (Source: Herald Sun)

Melbourne juga terkenal dengan festival budayanya yang keren. Di bulan Februari nanti, akan ada festival besar bernama White Night Melbourne yang menampilkan kolaborasi seni dari musik, cahaya, film, desain dan performa para artis. Di samping itu, kita juga dapat menonton tari tradisional suku Aborigin! Wah, asyik banget ya jalan-jalan di Melbourne?

Untuk transportasi selama di dalam kota Melbourne, kita menggunakan free cycle tram atau kereta dan bus. Akan tetapi untuk keluar kota, kita tetap perlu menyewa mobil sendiri. Untuk kamu yang gak mau repot dan malas susun itinerary, kamu bisa mengikuti tur dari travel agent terpercaya seperti H.I.S. Walaupun lebih terkenal untuk travel ke Jepang, H.I.S. juga menawarkan tur tujuan lain seperti wisata ke Australia ini! Kamu dapat membeli tiket tempat wisata, wi-fi dan beragam produk lainnya yang memudahkan perjalanan. H.I.S. juga menyediakan layanan individual untuk kamu yang tidak ingin group tour. Kenapa aku rekomendasikan H.I.S.? Simpel, karena aku pernah pakai jasa H.I.S. dan puas! He he he.. and to be honest, beli tiket dari H.I.S. prosesnya simpel dan gak ribet! Untuk keterangan selanjutnya kamu bisa contact ke https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Jadi, ke mana kamu mau menghabiskan musim panasmu? Where is your dream journey destination? Let me know on the comment box. Please help me achieve my Melbourne Dream Journey by clicking below banner. You can achieve your dream journey to Australia too by joining! Let's travel! :)

Please kindly click this banner to support me :) Thank you.

Cheers, 
Hana xx 

#HISAustraliaTrip


You Might Also Like

7 comments

  1. Replies
    1. Makasih dik, tolonf share ke teman-temanmu yaa 😊

      Delete
  2. Ku mau jalan-jalan ke Melbourne sama kamu :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama fi :') tolong share ya say makacihhh.. Nanti kita jalan2 wedding aku atau wedding kamu ya!!

      Delete
  3. banyak sekali tempat-tempat keren yang bisa kita kunjungi disana..

    ReplyDelete